Di 4 Lokasi Ini Anda Bisa Langsung Makan Durian dari Pohonnya!

Di 4 Lokasi Ini Anda Bisa Langsung Makan Durian dari Pohonnya! Kompas.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Tugu durian yang menyambut pengunjung di...

Di 4 Lokasi Ini Anda Bisa Langsung Makan Durian dari Pohonnya!

Tugu durian yang menyambut pengunjung di Kebun Durian Warso.Kompas.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Tugu durian yang menyambut pengunjung di Kebun Durian Warso.

JAKARTA, KOMPAS.com รข€" Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi surga buah durian. Sangat banyak tempat penghasil durian khas di Indonesia, sebagiannya bahkan bisa didatangi langsung oleh wisatawan.

Dari pulau Sumatera, hingga Papua, memiliki kekayaan durian yang khas. Luasan kebun durian yang masih terjaga, membuat para pemiliknya berinisiatif membukanya untuk pengunjung atau wisatawan.

(Baca juga : Ingat! Ada Dis kon 50 Persen di Festival Durian Ini)

Selain Anda bisa makan durian langsung dari pohonnya, juga bisa belajar bagaimana menanam hingga merawat durian sampai tumbuh besar. Wisata agro ini cocok bagi anda dan keluarga yang maniak durian.

Berikut KompasTravel rangkum beberapa tempat wisata durian di Indonesia:

1. Desa Wisata Durensari, Trenggalek

Wisatawan bersama petani durian di desa wisata Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.KOMPAS.COM/SLAMET WIDODO Wisatawan bersama petani durian di desa wisata Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Namanya adalah desa wisata Durensari, di Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

(Baca juga : Dagingnya Putih Legit dan Gurih, Ini Dia Durian Si Susu dar i Bogor!)

Di lokasi wisata ini, pengunjung akan diajak untuk berpetualang menyusuri kebun durian yang asri dan nyaman. Pengunjung juga bisa menyantap langsung durian yang jatuh di sekitar pohonnya.

Durian di sini, di tanam di lokasi yang masih amat asri, bukan seperti kebun, tetapi hutan durian. Serunya dengan menyusuri jalan setapak, para wisatawan akan dimanjakan dengan suasana hutan yang rindang dan super segar.

(Baca juga : Durian Lay yang Sempat Terbuang, Kini Menjadi Durian Favorit)

Di saat musim durian seperti Ini, pengunjung bisa melihat secara langsung aneka pohon durian yang sedang berbuah. Pemandu wisata akan mengajak pengunjung untuk berburu buah durian yang jatuh dari pohon, bersama petani setempat.

Ratusan pengunjung memadati acara Durian Fair 2016 di Blok M Square, Jakarta, Sabtu (27/2/2016). Pen   gunjung bisa menemukan sekitar 20 jenis durian unggul dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Selain itu juga makanan berbahan durian antara lain pancake, es krim dan sup durian.KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Ratusan pengunjung memadati acara Durian Fair 2016 di Blok M Square, Jakarta, Sabtu (27/2/2016). Pengunjung bisa menemukan sekitar 20 jenis durian unggul dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Selain itu juga makanan berbahan durian antara lain pancake, es krim dan sup durian.

2. Desa Sangkanwangi, Lebak, Banten

Petani Kabupaten Lebak, Banten, mendirikan desa wisata durian untuk mendongkrak pendapatan ekonomi di daerah itu. Berlokasi di Desa Sangkanwangi, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Beberapa jenis durian khas, yang bisa Anda temui di sini ialah durian otong, durian hepi, dan juaranya durian matahari. Ketiganya memang merupakan produk unggulan lokal yang dikembangkan petani Desa Sangkanwangi.

Uniknya wisata durian di sini, Anda bisa memilih ragam durian yang ditanam di kebun-kebun dan pekarangan warga. Sembari menikmati durian, Anda bisa bercengkerama dengan budaya masyarakat setempat.

Saat ini, hampir semua petani di daerah setempat menanam durian itu di lahan miliknya karena bisa meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Kelebihan durian lokal tersebut tanpa biji dengan buah tebal, rasanya manis, dan beraroma.

Kawasan wisata buah di Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat terkenal dengan lapak buah terpanjang di dunia yang membentang belasan kilometer dari Desa Rea, Kanang hingga Desa Silopo, perbatasan Polewali Mandar (Sulbar) dan Kabupaten Pinrang (Sulsel). KOMPAS.com/JUNAEDI Kawasan wisata buah di Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat terkenal dengan lapak buah terpanj ang di dunia yang membentang belasan kilometer dari Desa Rea, Kanang hingga Desa Silopo, perbatasan Polewali Mandar (Sulbar) dan Kabupaten Pinrang (Sulsel).

3. Agrowisata di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Kawasan agrowisata di Kecamatan Bulo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, tak hanya menawarkan kepuasan menikmati aneka varietas buah durian seperti durian montong, tapi juga menawarkan tata cara bercocok tanam.

Bahkan wisatawan bisa mengikuti kursus singkat merawat tanaman buah, seperti durian agar lebih produktif.

Kawasan agrowisata ini pada alanya dipelopori oleh Aco Masruddin Mogot, hingga kini mencapai lebih dari 3,5 hektar, dikelola bersama kelompoknya di Kecamatan Bulo.

Meski aksesnya cukup jauh dari pusat kota, perjalanan seolah terbayar saat wisatawan disuguhi hamparan tanaman durian berbuah lebat. Terlebih saat menyantapnya di tengah pemandangan perbukitan, tentunya soal rasa dijamin menggiurkan.

Durian montong yang terdapat di Kebun Durian WarsoKompas.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Durian montong yang terdapat di Kebun Durian Warso

4. Kebun Durian Warso

Agro wisata di Bogor ini biasa disebut Warso Farm. Kebun ini memiliki luas sembilan hektar, dipenuhi oleh buah-buahan segar, terutama durian.

Warso Farm berlokasi di Cihideung, Desa Cipelang, Cijeruk, Kota Bogor. Masuk agro wisata ini gratis, karena sumber pendapatannya dari hasil menjual buah-buahannya.

Ada lebih dari 900 pohon dari total 12 jenis varietas durian disini. Di antaranya durian petruk dari Jepara, monthong dari Thailand, musang king dari Malaysia, lay dari Kalimantan Timur, pelangi dari Papua, sukun dari Karanganyar dan durian-durian lain hasil persilangan di kebun ini.

M   eskipun kecil, durian hasilsilangan durian lay Kalimantan, dengan durian Rancamaya, Bogor menghasilkan rasa yang manis danwarna yang indah.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Meskipun kecil, durian hasilsilangan durian lay Kalimantan, dengan durian Rancamaya, Bogor menghasilkan rasa yang manis danwarna yang indah.Anda bisa menikmati kebunnya dengan berjalan kaki menyusuri jalur yang sudah dibeton. Usai menelusuri jalan kita beristirahat di tempat bermain anak, seperti taman kanak-kanak yang tersebar di kebun durian.

Belum lagi pemandangan yang langsung menghadap Gunung salak, kebun ini memang berada di lembah kaki Gunung Salak. Buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB, pengunjungnya bisa mencapai ribuan ketika akhir pekan.

Ikuti p erkembangan berita ini dalam topik:
  • Pesta Durian

Berita Terkait

Festival Durian Bogor, Saatnya Makan Durian Sepuasnya!

Beginilah jika Juara Durian Malaysia Ditanam di Indonesia

Ucok Durian, Destinasi Wisata Kuliner Jokowi di Medan

Terkini Lainnya

Di 4 Lokasi Ini Anda Bisa Langsung Makan Durian dari Pohonnya!

Di 4 Lokasi Ini Anda Bisa Langsung Makan Durian dari Pohonnya!

Travel Tips 02/12/2017, 12:18 WIB Wapres Hadiri Puncak Sail Sabang 2017

Wapres Hadiri Puncak Sail Sabang 2017

News 02/12/2017, 11:57 WIB Lokasi Acara Sail Sabang 2017 Diguyur Hujan

Lokasi Acara Sail Sabang 2017 Diguyur Hujan

News 02/12/2017, 11:29 WIB Setelah Sail Sabang 2017, Apa Lagi Acara Lanjutannya?

Setelah Sail Sab ang 2017, Apa Lagi Acara Lanjutannya?

News 02/12/2017, 10:07 WIB Melihat dari Dekat Kehidupan Suku Dayak di Lamandau Kalteng

Melihat dari Dekat Kehidupan Suku Dayak di Lamandau Kalteng

Travel Story 02/12/2017, 09:40 WIB Menikmati MONA, Museum Seni yang Bikin Tasmania Dikenal Dunia

Menikmati MONA, Museum Seni yang Bikin Tasmania Dikenal Dunia

Travel Story 02/12/2017, 09:24 WIB Kapal Layar Bima Suci dan Dewa Ruci Ramaikan Sail Sabang 2017

Kapal Layar Bima Suci dan Dewa Ruci Ramaikan Sail Sabang 2017

News 02/12/2017, 08:12 WIB Menikmati Kopi Flores di Kafe La Bajo Labuan Bajo

Menikmati Kopi Flores di Kafe La Bajo Labuan Bajo

Food Story 02/12/2017, 07:10 WIB Presiden Jokowi Batal Hadir di Sail Sabang 2017

Presiden Jokowi Batal Hadir di Sail Sabang 2017

News 01/12/2017, 23:02 WIB Ini Cara yang Benar Memesan Mi Aceh di Aceh

Ini Cara yang Benar Memesan Mi Aceh di Aceh

Food Story 01/12/2017, 22:06 WIB Meski Ngurah Rai Dibuka, Penerbangan Tetap Terkendala Abu Vulkanik

Meski Ngurah Rai Dibuka, Penerbangan Tetap Terkendala Abu Vulkanik

News 01/12/2017, 22:05 WIB Turis Malaysia Suka Wisata Kuliner saat Liburan ke Aceh

Turis Malaysia Suka Wisata Kuliner saat Liburan ke Aceh

News 01/12/2017, 20:04 WIB 100 Makanan Indonesia Rekomendasi Bondan Winarno, Sudah Coba Semua?

100 Makanan Indonesia Rekomendasi Bondan Winarno, Sudah Coba Semua?

Food Story 01/12/2017, 19:04 WIB Cuaca Ekstrem, Pendakian di TN    Gunung Gede Pangrango Ditutup Sementara

Cuaca Ekstrem, Pendakian di TN Gunung Gede Pangrango Ditutup Sementara

News 01/12/2017, 17:04 WIB Instagramable! Taman Iluminasi di Jepang Saat Musim Dingin

Instagramable! Taman Iluminasi di Jepang Saat Musim Dingin

Jepang Terkini 01/12/2017, 16:44 WIB Load MoreSumber: Google News | Berita 24 Sulbar

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Terkini,34,
ltr
item
Berita 24 Sulawesi Barat: Di 4 Lokasi Ini Anda Bisa Langsung Makan Durian dari Pohonnya!
Di 4 Lokasi Ini Anda Bisa Langsung Makan Durian dari Pohonnya!
http://assets.kompas.com/crop/91x0:676x390/750x500/data/photo/2016/01/30/0350597IMG-0478780x390.JPG
Berita 24 Sulawesi Barat
http://www.sulbar.berita24.com/2017/12/di-4-lokasi-ini-anda-bisa-langsung.html
http://www.sulbar.berita24.com/
http://www.sulbar.berita24.com/
http://www.sulbar.berita24.com/2017/12/di-4-lokasi-ini-anda-bisa-langsung.html
true
2128508366776237845
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy