www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Indeks Demokrasi Sulbar Meningkat, Capai Angka 72,37 Persen

Posted by On 14.12

Indeks Demokrasi Sulbar Meningkat, Capai Angka 72,37 Persen

Indeks Demokrasi Sulbar Meningkat, Capai Angka 72,37 Persen

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (ABM) mengatakan keberhasilan pembangunan politik yang demokratis

Indeks Demokrasi Sulbar Meningkat, Capai Angka 72,37 Persennurhadi/tribunsulbar.comGubernur Sulbar menerima rilis resmi perkembangan indeks demokrasi Sulbar dari Kepada BPS Sulbar Suntono.

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Sistem politik Indonesia dewasa ini sedang mengalami proses demokratisasi yang membawa berbagai konsekuensi yang tidak hanya terhapat pada dinamika kehidupan politik nasional, melainkan juga dinamika sistem- sistem lain yang menunjang penyelenggaraan kehidupan kenegaraan.

Provinsi Sulbar telah berhasil mengumpulkan data dari Indeks Demokrasi Indonesia (IDI).

Dari data yang dirilis dalam kegiatan dialog pengembangan Indek Demoktrasi Sulbar 2017 di Hotel Mala'biq, Jl. Pababari, Kelurahan Karema, Kecamatan Mamuju, menunjuk adanya peningkatan indeks demoktrasi atau naik menjadi 72,37 persen.

Angka tersebut mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang hanya sebesar 68,25. Meski mengalami peningkatan, namun capaian tersebut juga masih berada pada kategori sedang. Data IDI 2016 tersebut diperoleh melalui reviuw (koding) berita surat kabar, reviuw dokumen, Focus Group Discussion ( FGD) dan wawancara mendalam (Indepth Interviuw).

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (ABM) mengatakan keberhasilan pembangunan politik yang demokratis, tidak hanya dipengaruhi oleh situasi yang berkembang di daerah, akan tetapi dapat pula dipengaruhi oleh situasi politik nasional dewasa ini.

“Pembangunan sistem politik yang demokratis diarahkan agar mampu mempertahankan keutuhan wilayah Republik Indonesia dan makin mempererat persatuan dan kesatuan Indonesia, yang akan memberikan ruang yang semakin luas bagi perwujudan keadilan sosial dan kesejahteraan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia,”kata Ali Baal.

Awaluddin Mustafa selaku panitia menyampaikan, dalam kegiatan tersebut bertujuan, untuk memperoleh gambaran tingkat dan perkembangan demokrasi se-Provinsi Sulawesi Barat.

Ia memaparkan, meningkatkan Indeks Demokrasi di Sulbar, dipengaruhi sejumlah aspek diantaranya kebebasan sipil, hak- hak politik dan lembaga- lembaga demokrasi, memberikan tolak ukur yang jelas dalam meniliai tingkat perkembangan demokrasi di Provinsi Sulawesi Barat, meningkatkan perkembangan demokrasi di setiap Provinsi di Indonesia, meningkatkan perencanaan pembangunan politik pada tingkat Provinsi.

Kedepan, seluruh elemen diharapkan berperan aktif dan memberikan masukan serta langkah- langkah yang positif guna meningkatkan kualit as berdemokrasi di Provinsi Sulawesi Barat, sekaligus mendukung program pemerintah yang dan malaqbi.

Penulis: Nurhadi Editor: Imam Wahyudi Sumber: Tribun Timur Ikuti kami di Gadis 12 Tahun Melahirkan Diam-diam lalu Simpan Bayi di Almari, Identitas Ayah Bayi Bikin Syok Sumber: Google News | Berita 24 Sulbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »