www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Barat

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pemprov Sulbar MoU Dengan Badan Bahasa Kemendikbud RI, Ini ...

Posted by On 00.17

Pemprov Sulbar MoU Dengan Badan Bahasa Kemendikbud RI, Ini ...

Pemprov Sulbar MoU Dengan Badan Bahasa Kemendikbud RI, Ini Tujuannya

Nota kesepahaman ditandatangani langusng oleh Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (ABM) dan Kepala Badan Pengembangan

Pemprov Sulbar MoU Dengan Badan Bahasa Kemendikbud RI, Ini Tujuannyanurhadi/tribunsulbar.comPemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI).

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pend idikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI).

Penandatanganan dirangkaikan dengan sosialisasi Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan.

Nota kesepahaman ditandatangani langusng oleh Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (ABM) dan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Dadang Sunendar.

"MoU ini dimaksudkan agar kedepan kami Badan Pengembangan Bahasa, dapat bekerja sama lebih baik lagi dan membantu Pemprov Sulbar dalam hal pengambangan bahasa," kata Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Dadang Sunendar, Selasa (12/12/2017).

Ia mengatakan, MoU tersebut juga akan menjadi sebuah dorongan bagi Pemerintah Sulbar, untuk pemabangunan balai bahasa di Sulbar karena sampai saat ini Sulbar masih ditangani oleh balai bahasa Sulsel.

"Tentu ini akan berdasarkan kebutuh an daerah, tapi kedengarannya pak Gubernur juga mendukung itu dan dia akan menyurat ke menteri untuk permintaan kantor bahasa di Sulbar dan kami akan dorong itu," ujarnya.

"Itu pending, sebab semua kegiatan kebahasaan dan kesastraan di Sulbar, masih dibantu oleh balai bahsan Sulbar, nah kedepan agar lebih baik, harus ada kantor bahasa sendiri di Sulbar. Sehingga dapat memaksimalkan membantu pemerintah daerah untuk melindungi bahasa daerah," lanjutnya.

Sementara Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengatakan, hal tersebut penting untuk dilakukan sebab bahasa tidak hanya sebagai alat komunikasi, tapi juga sebagai perekat persatuan dan kesatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Memang ini penting untuk kita lakukan, utamanya mendorong kehadiran balai bahasa di Sulbar, karena fenomena yang terjadi saat ini terkait bahasa, dimana banyak orang yang lebih bangga menggunakan bahasa asing dari pada bahasa Indonesia," kata mantan Bupati Polman itu.

Ketikan seperti itu, lanjut ABM, secara tidak langsung bangsa kita telah dipersulit, semetara bangsa asing menjadi dipermudah. Olehnya mari kita memberikan penyadaran kepada anak, keluar dan kerabat kita agar tak mengutamakan bahasa asing dari pada bahasa kita sendiri.

"Bahasa asing memang perlu untuk kita kuasai, namun jangan itu yang diutamakan karena kita memiliki bahasa sendiri, sebagai sebuah identitas kebangsaan kita," tuturnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Dinas Pendidikann Sulbar Suardi Mappeabang, Kepala Balai Bahasa Sulsel Zainab, Perwakilan Korem 142 Tatag Kapten Dede Hendrik, Perwakilan Polda Sulbar Kombes Pol Ihsan, Perwakilan OPD lingkup Pemerintah Sulbar, dan Para Kepala Sekolah SMA/SMK Se-Sulbar.

Penulis: Nurh adi Editor: Imam Wahyudi Sumber: Tribun Timur Ikuti kami di Gadis 12 Tahun Melahirkan Diam-diam lalu Simpan Bayi di Almari, Identitas Ayah Bayi Bikin Syok Sumber: Google News | Berita 24 Sulbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »