www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pengelolaan PLTS Karampuang Libatkan Masyarakat

Posted by On 05.02

Pengelolaan PLTS Karampuang Libatkan Masyarakat

Pengelolaan PLTS Karampuang Libatkan Masyarakat

Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, meresmikan dua dari empat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Karampuang, yang didanai dari Hibah Compact oleh Millennium Challenge Corporation (MCC), Amerika Serikat, Jumat, 8 Desember 2017. (Istimewa)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Jumat, 8 Desember 2017 | 17:59 WIB

Mamuju - Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar, meresmikan dua dari empat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Karampuang, yang didanai dari Hibah Compact oleh Millennium Challenge Corporation (MCC), Amerika Serikat (AS), Jumat (8/12). Pengelolaan PLTS Karampuang ini melibatkan masyarakat dan pihak swasta di dalam suatu badan usaha listrik desa.

P LTS Karampuang merupakan salah satu kegiatan Proyek Kemakmuran Hijau yang dikelola oleh Millennium Challenge Account - Indonesia (MCA - Indonesia), sebuah lembaga wali amanat yang dibentuk oleh Bappenas sebagai pelaksana Hibah Compact. Pembangunan PLTS ini, merupakan hasil kerja dari konsorsium PT Sky Energy dan IKPT selaku penerima Hibah Energi Terbarukan Berbasis Masyarakat setelah melalui proses seleksi yang kompetitif.

Proyek ini membangun total empat PLTS yang akan menyediakan listrik berkapasitas total 598 kWp dan memberikan manfaat kepada lebih dari 3.000 orang atau sekitar 780 kepala rumah tangga. Dua PLTS yang hari ini diresmikan dan beroperasi terletak di Dusun Karampuang I (PLTS-1 kapasitas 200 Kw) dan Dusun Karaeang (PLTS-2 kapasitas 115 kW). Sementara itu, PLTS 3 dan 4 akan selesai dibangun pada bulan Januari 2018.

Peresmian PLTS Pula   u Karampuang

Dalam pengelolaannya, model badan usaha listrik desa bernama PT Karampuang Multi Daya (KMD) telah dibentuk dimana masyarakat yang diwakili oleh Koperasi Cahaya Karampuang memiliki saham 51 persen sementara pihak swasta, PT Trinitan Global yang merupakan anak perusahaan PT Sky Energy memiliki saham sebesar 49 persen.

"PLTS ini merupakan aset daerah yang diharapkan mampu menggerakkan sektor ekonomi produktif di Pulau Karampuang. Untuk itu, perawatan dan operasional ke depan menjadi tanggung jawab bersama antara Pemda, masyarakat, perusahaan, serta dukungan dari Pemerintah Pusat," kata Ali Baal Masdar.

Hibah Compact salah satunya digunakan untuk mengembangkan pendekatan inovatif dalam mengelola sumber daya energi terbarukan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Kelembagaan pengelolaan PLTS yang memadukan pihak swasta dan masyarakat dalam suatu badan usaha pengelola listrik desa merupakan inovasi yang sangat menarik dan dapat dijadi kan pembelajaran oleh pemerintah untuk lebih dapat menjamin keberlanjutan dari infrastruktur energi terbarukan yang telah dibangun.

Mengingat masih banyaknya wilayah di tanah air yang belum terjangkau sepenuhnya oleh PLN, maka pengembangan dan pengelolaan energi terbarukan off-grid seperti ini akan menjadi alternatif yang penting.

Deputi Direktur Eksekutif MCA - Indonesia, Lukas Adhyakso, mengatakan, listrik di Pulau Karampuang diharapkan menjadi penggerak ekonomi yang akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Kami berharap dengan adanya listrik masuk, Pulau Karampuang menjadi terang. Penduduk terpacu untuk memulai berbagai kegiatan produktif yang akan meningkatkan pendapatan mereka. Semenjak ada listrik, saya dengar sudah mulai berkembang bisnis ternak ayam, pengolahan makanan, dan industri rumah tangga," ujar Lukas Adhyakso.

Direktur PT Sky Energy, Hengky Loa, menambahkan, pengembangan PLTS ke depannya menuntut kerja sama masyarakat dan du kungan dari Pemerintah Daerah. Hingga kini, PT Sky Energy telah melatih masyarakat sebagai operator teknis serta meningkatkan pengetahuan manajerial pengelolaan PLTS para pengurus Koperasi Karampuang Multi Daya.

"Kami berkomitmen akan merawat PLTS dan mendampingi masyarakat selama 20 tahun hingga masyarakat mampu mandiri," ujar Hengky.


Sumber: BeritaSatu.com ARTIKEL TERKAIT
  • PLTGU Jawa 2 Segera Beroperasi Sebagian
  • Bekasi, Kota Pertama Miliki Pembangkit Listrik Tenaga Sampah
  • Jonan: Pembangkit Listrik Offgrid di Bawah 50 MW Tak Perlu RUPTL
  • PTBA รข€" PLN Tandatangani Amendemen PPA untuk PLTU Sumsel 8
  • PTBA dan PLN Tandatangani Amandemen PPA Proyek Pembangkit Sumsel 8
  • 1 Tarif Tol Naik 2 Kontroversi Yerusalem 3 Krisis di Yaman 4 Panglima TNI 5 Terobosan Industri Properti
    • Hakim Tolak Gugurkan Praperadilan Novanto
    • MA Sebut Praperadilan Novanto Gugur
    • Anies Minta Marbut Masjid Jaga Kesehatan
    • Indonesia Bekukan Keanggotaan di OPEC
    • Surat Edaran yang Resahkan Warga Tangerang Dicabut
    • KPK Beberkan Alir an Dana Proyek E-KTP dalam Dakwaan Novanto
    • Sandiaga: 300 Investor Dubai Tertarik Bangun Rumah DP Nol Rupiah
    • Dirlantas Minta Dewi Perssik Buktikan Kalau Dikawal
    • Ini Kata Fadli Zon soal Panglima TNI Baru
    • Negara-negara Besar Kecam Keputusan Trump
Sumber: Google News | Berita 24 Sulbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »