www.AlvinAdam.com
Kirim Berita Sulbar: Klik Disini | Konfirmasi Berita Sulbar: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

DPD RI Bersama LSM Jari Manis Sulbar Gelar Dialog Publik, Ini ...

Posted by On 17.24

DPD RI Bersama LSM Jari Manis Sulbar Gelar Dialog Publik, Ini ...

DPD RI Bersama LSM Jari Manis Sulbar Gelar Dialog Publik, Ini yang Dibahas

Dialog ini dihadiri bakal calon anggota DPD RI Dapil Sulbar, perwakilan pimpinan partai politik, LSM, Organisasi Kemasyarakatan

DPD RI Bersama LSM Jari Manis Sulbar Gelar Dialog Publik, Ini yang Dibahasnurhadi/tribunsulbar.comBadan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI bekerjasama LSM Jaringan Masyarakat Non Partisan (Jari Manis) Provinsi Sulawesi Barat, menggelar dialog publik, di d'Maleo Hotel Mamuju, Senin (7/5/2018).

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Badan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI bekerjasama LSM Jari ngan Masyarakat Non Partisan (Jari Manis) Provinsi Sulawesi Barat, menggelar dialog publik, di d'Maleo Hotel Mamuju, Senin (7/5/2018).

Kegiatan yang mengangkat tema 'Mewujudkan Kinerja Konstitusi DPD RI' ini, dibuka langsung oleh anggota DPD RI Dapil Sulbar, Muhammad Asri Anas dan menghadirkan, Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo, Komisioner KPU Sulbar, Adi Arwan Alimin dan Ketua STIE Muhammadiyah Mamuju Suryansyah sebagai pembicara.

Dialog ini dihadiri bakal calon anggota DPD RI Dapil Sulbar, perwakilan pimpinan partai politik, LSM, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, mahasiswa dan wartawan.

Muhammad Asri Anas mengatakan, sejauh ini DPD RI telah melaksanakan kinerjanya secara nyata dengan cara merespon aspirasi dan harapan masyarakat dan daerah dalam bentuk produk-produk kelembagaan DPD RI.

"Dalam kurun waktu bulan Oktober 2004 hingga September 2017, DPD RI telah mengajukan kepada DPR seanyak 81 Rancangan Undang-undang, kem udian 253 pandangan dan pendapatsebanyak 94 pertimbangan dan 198 hasil pengawasan. Itu berartri, kami di DPD RI telah bekerja semaksimal mungkin sesuai dengan peran dan fungsi kami,"kata Asri.

Asri menjelaskan, berdasarkan kinerja tersebut masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat Sulawesi Barat sangat berharap agar lembaga DPD RI dapat terus memaksimalkan fungsinya sebagai lembaga perwakilan daerah yang tertuang dalam UUD 1945, UU MD3, UU P3 dan putusan MK.

"Tentu kita berkomitmen ke depan peran dan fungsi DPD RI terus dapat dimaksimalkan. DPD RI juga akan terus membuka ruang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk aktif berpartrisipasi dalam menyampaikan masalah kedaerahan. Sebagai anggota DPD RI, wakil daerah di pusat, saya tentu akan lebih intens dan proaktif mendatangi masyarakat dan stakeholder guna membahas persoalan daerah," kata senator dua periode itu.

Selama ini, lanjut Asri, masih terdapat sejumlah kendala dalam mengagregasi kepentingan daerah, mulai dari kurang maksimalnya koordinasi dari pemerintah daerah di tingkat Kabupaten dan Provinsi, juga kurang optimalnya peran DPR RI dalam membangun sinergi dengan DPD RI untuk mengakomodasi persoalan dan kepentingan daerah.

"Sehingga ke depan sinergi ini harus terus kita tingkatkan. Saya juga berharap agar pemerintah dapat membantu kami di DPD untuk memberikan data-data yang dibutuhkan dalam rangka mendorong percepatan kemajuan daerah,"ucapnya.

Alumni Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin itu juga berharap, agar posisi strategis DPD RI benar-benar dapat menjadi jembatan politik bagi warga masyarakat Sulawesi Barat ke pemerintah pusat.

"Saya juga berharap kepada seluruh masyarakat Sulbar, khususnya kita yang berada di acara ini agar ikut mengawal dan memberikan dukungan untuk menyelesaikan kinerja konstitusional yang telah diamanatkan kepada kami," tutur mantan Ketua DPD KNPI Sulbar itu.

Penulis: Nurhadi Editor: Imam Wahyudi Sumber: Tribun Timur Ikuti kami di Polisi Amankan Wanita Penghibur Berseragam SD di Kaltim, Miris Tingkahnya Rusak Citra Pendidikan Sumber: Google News | Berita 24 Sulbar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »