Kirim Berita Sulbar: Klik Disini | Konfirmasi Berita Sulbar: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Nosu, Daerah Penghasil Terung Belanda Terbaik di Sulawesi Barat

Posted by On 07.07

Nosu, Daerah Penghasil Terung Belanda Terbaik di Sulawesi Barat

RAKYATKU.COM,MAMASA - Nosu merupakan Kecamatan Tertinggi di Sulawesi Barat. Sekitar 1.998 meter di atas permukaan laut, wilayah Nosu yang dikelilingi perbukitan dan hutan lebat menciptakan suasana sejuk dan dingin.

Nosu adalah "Malino-nya" Sulawesi Barat. Layaknya Malino, Nosu banyak ditumbuhi buah-buahan segar yang cocok dengan daerah dingin seperti terung Belanda.

Salah satu senator dari Sulawesi Barat, Marthen Manggeng mengatakan terung Belanda dari Nosu berbeda dengan daerah lain.

"Yang sempat saya lihat adalah ukurannya lebih besar dan dagingnya lebih tebal. Juga ada bedanya yang ditanam di kebun sekitar ka mpung dengan yang ditanam di kebun pinggir hutan," ungkapnya.

Marthen menambahkan masyarakat harus terus didorong membudidayakan terung Belanda secara serius dan berkesinambungan. Pemerintah juga harus memberi stimulus kepada masyarakat.

"Salah seorang petani (Papa Ita) mampu memanen satu kwintal terung Belanda setiap minggunya. Beberapa bulan lalu beberapa orang kita utus ke Jawa Tengah studi banding tentang pengolahan terung menjadi jus," jelas anggota DPD RI asal Sulawesi Barat tersebut.

Salah seorang pemuda yang kini mengolah terung Belanda menjadi minuman dalam kemasan, Lius (33) mengatakan, setiap pekan ada sekitar tiga sampai empat ton terung Belanda yang dipasarkan ke beberapa daerah di Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

"Di Nosu produksi terung Belanda sudah sangat besar jumlahnya, sehingga masih banyak yang busuk karena tidak habis terjual," tuturnya kepada Rakyatku.com, Selasa (24/7/2018).

Terun g Belanda sendiri yang memiliki nama latin Solanum Betaceum memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh, mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, dan mengandung antioksidan tinggi.

Terung Belanda juga mengandung zat lycopene yang memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas, yang merupakan salah satu penyebab munculnya sel kanker pada tubuh kita. Kandungan gizi penting lainnya yang ada pada buah terung Belanda ialah kandungan zat besi. Dalam 100 gr buah terung Belanda, terdapat kandungan zat besi sebanyak 0,4-0,9 mg.

Sumber: Berita Sulawesi Barat

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »